Rabu, 19 Agustus 2009

SUMUR RESAPAN



Untuk mendukung konsep rumah ramah lingkungan (eco home), mulai dari perencanaan rumah juga harus menggunakan konsep ramah lingkungan (eco design). Salah satu unsur dalam rumah ramah lingkungan sumur resapan. Sumur resapan berguna untuk menampung air hujan sebagai cadangan air tanah.

Syarat untuk membuat sumur resapan adalah :
  • dibuat pada tanah yang datar bukan pada tanah miring
  • minimal berjarak 1,5 meter dari pondasi
  • minimal berjarak 6 meter dari septik tank atau tempat timbunan sampah
jenis dari sumur resapan bermacam - macam, salah satunya seperti gambar diatas, dibuat dengan kedalaman 2 meter, lebar 1,2 meter , dinding sumur dibuat dengan bata merah dan lubang sumur diisi dengan pasir, kerikil/split/koral, ijuk dan batu karang dengan keterbalan masing-masing 25 cm.

Sebelum air hujan masuk dalam sumur resapan, baik sekali jika air hujan di tampung terlebih dahulu pada bak penampungan air hujan, bak ini berguna untuk menampung air hujan dari talang air dan dapat digunakan untuk mencuci kendaraan dan menyiram tanaman, bila bak sudah penuh maka air hujan akan mengalir kedalam sumur resapan, bila sumur resapan penuh barulah air hujan dibuang ke saluran pembuangan (got).

Dengan bak penampungan air hujan dan sumur resapan ini, maka kita telah ikut menjaga lingkungan dengan ketersediaan air tanah terutama didaerah perkotaan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar