Senin, 31 Agustus 2009

BIOGAS


Saat ini kita mengalami krisis energi, dimana cadangan bahan bakar minyak (bbm) semakin menipis dan harganya terus meningkat, hal ini seharusnya tidak perlu terjadi bila kita dapat mengelolah sumber daya alam yang kita miliki dengan baik, apalagi di Indonesia yang terkenal dengan kekayaan alamnya, kita dapat menggunakan teknologi tepat guna untuk mengelola sumber - sumber energi terbarukan seperti energi matahari, energi angin, energi air bahkan energi (biogas) yang didapat dari kotoran (faeces) hewan maupun manusia.

Teknologi tepat guna untuk mengelola lingkungan dan sumber daya alam sebetulnya sudah lama dan banyak sekali ditemukan, tetapi kurang publikasi dan sosialisasi, oleh sebab itu melalui blog ini saya harapkan dapat menjadi media untuk menghimbau dan memotivasi pemanfaatan teknologi tepat guna untuk mengelola energi terbarukan, salah satunya adalah biogas.

Biogas adalah gas yang didapat dari fermentasi kotoran biologi seperti kotoran sapi, kerbau, kambing, kotoran ayam bahkan kotoran manusia. Gas utama dalam biogas ini adalah gas metan. Cara pengelolaan nya adalah dengan mengumpulkan faeces didalam tangki kedap udara (digester), didalam digester inilah kotoran difermentasi oleh bakteri sehingga menghasilkan gas yang dapat dipakai untuk masak menggunakan kompor gas atau untuk penerangan (petromak yang dimodifikasi).

Manfaat dari pembuatan biogas :
  • menghasilkan gas untuk keperluan memasak dan penerangan;
  • menghemat biaya bahan bakar;
  • menghasilkan kompos, dari kotoran yang sudah diambil gasnya;
  • mengurangi pencemaran lingkungan dari kotoran biologis;
  • mengurangi gangguan kesehatan yang disebabkan oleh penyakit dan parasit dari kotoran biologis.
Ada banyak cara membuat digester biogas, salah satu bentuknya seperti pada gambar.

Pada blog ini tidak dijelaskan secara detail cara pembuatan biogas (lebih detail dapat dilihat pada buku literatur atau referensi yang lebih lengkap), ini hanya sebagai gambaran sekilas guna memotivasi dan mempublikasikan bahwa kita dapat berperan aktif dalam mengelola sumber daya alam untuk membuat energi "bahan bakar" terbarukan sehingga kita tidak mengalami krisis energi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar